3 Trik Terbaik Naik Jabatan Fungsional


Semua guru tentunya ingin pengusulan angka kredit (PAK) untuk kenaikan jabatan fungsionalnya tidak terhambat. Namun sekarang ini, tidak sedikit guru yang merasa kesulitan untuk melakukan pengusulan angka kredit. Menurut mereka semenjak aturan tentang PAK berubah, pengusulan angka kredit guru sekarang menjadi lebih rumit dan sulit karena salah satu syaratnya guru harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). PKB dapat dilakukan dengan cara pengembangan diri (PD), publikasi ilmiah (PIL)  dan atau menciptakan karya seni. Namun selama ini, tidak sedikit guru yang belum mengetahui secara detil tentang publikasi ilmiah. Oleh karena itu, melalui tulisan ini penulis mencoba untuk menguraikan tentang publikasi ilmiah yang merujuk pada buku “Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Angka Kreditnya,” terbitan Kemendiknas.

            Publikasi ilmiah adalah kegiatan menyampaikan gagasan, hasil penelitan ataupun karya secara ilmiah kepada masyarakat. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan guru untuk melaksanakan publikasi ilmiah, diantaranya yaitu dengan melakukan presentasi pada forum ilmiah, publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan inovatif bidang pendidikan dan publikasi buku teks pelajaran atau pengayaan atau pedoman guru. Adapun uraian singkatnya sebagai berikut:

1)        Presentasi pada forum ilmiah.
Presentasi dalam forum ilmiah biasanya dilakukan dengan cara seminar. Untuk dapat melakukan presentasi ilmiah guru harus menjadi pemrasaran atau pembahas dalam forum ilmiah tersebut. Sebagai pemrasaran, guru harus membuat prasaran ilmiah atau lebih sering kita kenal dengan istilah makalah. Makalah yang dapat diajukan untuk PAK adalah makalah yang berkaitan dengan permasalahan bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya sesuai tugas guru yang bersangkutan. Adapun bentuknya dapat berupa makalah hasil penelitian, gagasan, ulasan atau tinjauan ilmiah.

2)        Publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan inovatif bidang pendidikan.
Publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan inovatif bidang pendidikan dapat diwujudkan dalam bentuk laporan hasil penelitian, tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer dan artikel ilmiah.
Laporan  hasil penelitian adalah  karya tulis ilmiah berisi laporan  hasil  penelitian  yang dilakukan guru  pada bidang pendidikan yang  telah  dilaksanakan  guru  di sekolah atau madrasahnya  sesuai dengan tupoksinya. Salah satu bentuk laporan hasil penelitian adalah laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Laporan  hasil  penelitian yang dapat digunakan untuk PAK dibedakan berdasarkan pada jenis publikasinya, yaitu:

a) Laporan hasil penelitian yang diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber-ISBN dan telah mendapat pengakuan BSNP.
b)  Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan atau dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah diedarkan secara nasional dan terakreditasi.
c) Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan atau dipublikasikan  dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi.
d) Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan atau dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota.
e) Laporan hasil penelitian yang diseminarkan di sekolah atau madrasahnya dan disimpan di perpustakaan.

Sedangkan tinjauan  ilmiah  adalah karya tulis  guru yang berisi ide atau gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah  pendidikan  formal  dan pembelajaran yang  ada  di satuan pendidikannya. Berbeda dengan tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa seperti koran, majalah, atau sejenisnya.

Tulisan ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi ini merupakan kelompok tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide,  atau  gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan pendidikan penulis bersangkutan. Sedangkan artikel ilmiah  dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang  pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah.


3)        Publikasi buku teks pelajaran atau pengayaan atau pedoman guru.
Publikasi buku teks pelajaran atau pengayaan atau pedoman guru dapat berupa buku pelajaran, modul/diktat pembelajaran, buku dalam bidang pendidikan, karya terjemahan dan buku pedoman guru.

Untuk dapat melakukan itu semua tentunya para guru harus mempunyai kemauan dan kemampuan untuk menulis dan mempublikasikannya. Namun dalam kenyataanya ada beberapa guru yang masih menemui hambatan untuk menulis. Hambatan tersebut biasanya berupa:

a.    Adanya pikiran negatif yang menganggap bahwa menulis itu susah.
Guru yang menganggap bahwa menulis merupakan hal yang susah dapat menutup kemungkinan bahwa ia tidak akan bisa menulis untuk selamanya. Hal ini disebabkan  anggapan tersebut akan mematikan semangat mereka untuk menulis, padahal sebenarnya mereka mampu menulis. Oleh karena itu, diperlukan pikiran-pikiran positif bagi setiap guru bahwa menulis merupakan hal yang mudah dan dapat mereka lakukan karena mereka adalah insan yang cendikia.

b.    Kesulitan untuk menemukan ide.
            Kesulitan untuk menemukan ide menulis memang sering dialami oleh seorang penulis sebelum ia memulai menulis. Ide menulis sebenarnya mudah dicetuskan oleh berbagai macam hal yang kita lihat, dengar dan rasakan. Apalagi sebagai seorang guru yang setiap harinya dihadapkan dengan puluhan bahkan ratusan peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda dengan perilaku yang berbeda pula setiap harinya. Salah satu keunikan karakter yang dimiliki peserta didik atau problematika guru dalam mengajar sebenarnya bisa menjadi sebuah ide untuk menulis.

c.    Perasaan kurang percaya diri untuk mempublikasikan tulisan.
Perasaan kurang percaya diri untuk mempublikasikan tulisan hendaknya tidak dimiliki oleh seorang guru. Tulisan yang sudah jadi tentunya tidak perlu disia-siakan dengan menyimpannya di dalam laptop atau laci meja saja, karena seharusnya guru dapat menghasilkan tulisan yang baik. Sebagai seorang guru tentunya bisa menjumpai banyak referensi tentang cara menulis yang baik di perpustakaan sekolah. Guru bisa mengoreksi tata tulisnya dengan mencocokannya dengan referensi tersebut sehingga  dapat mengetahui apakah tata cara penulisan dalam tulisannya sudah sesuai dengan kaidah penulisan atau belum. Sebagai seorang guru tentunya juga mempunyai banyak teman yang dapat dijadikan bahan pertimbangan mengenai isi tulisan. Jika hal tersebut sudah dilakukan hendaknya para guru merasa percaya diri untuk mempublikasikan tulisannya. 

Demikian pembahasan penulis tentang publikasi ilmiah. Kiranya jika para guru bisa menumbukan jiwa suka menulis dan mengembangkan rasa kepercayaan dirinya untuk mempublikasikan karyanya, maka tidak tertutup kemungkinan bahwa pengusulan angka kredit untuk jabatan gurunya akan lebih lancar karena salah satu syarat PAKnya sudah terpenuhi. Oleh karena itu, jika ingin sukses PAK maka mau tidak mau guru harus menyukai publikasi ilmiah. Semoga kita senantiasa termotivasi untuk belajar menulis dan melakukan publikasi ilmiah, karena selain dapat memperlancar PAK, publikasi ilmiah juga bermanfaat untuk berbagi pengetahuan kepada sesama.


*Artikel ini ditulis oleh Siti Kurnia Khasanah M.Pd., 

(Ceritified Public Speaker IAI Public Speaking)

Guru SMP N 5 Pekalongan, 
Pernah dimuat di Majalah Prestasi, Edisi 24/Juli-Agustus 2015
dengan Judul : 
AGAR SUKSES PAK  HARUS SUKAI PUBLIKASI ILMIAH

.

Anda dapat menikmati Puisi yang ditulis Ibu Kurnia dengan Judul SURGA KECIL ITU  Terbit dalam Antologi Puisi : Surga Kecil. 


PROMO GURU PRIVAT

PASANG IKLAN [PROMOSI-ONLINE] GURU PRIVAT

APAKAH ANDA SEORANG GURU PRIVAT?
Anda Susah Mendapat Murid?
Anda Tidak Tahu Cara Mencari Murid Les Privat?
PROMOSIKAN DIRI ANDA SECARA ONLINE

Alasan promosi Online di internet : Karena saat ini, internet menjadi pilihan bagi siapapun dalam mencari informasi, termasuk cari info les guru privat.

Bagi Anda yang INGIN DIPROMOSIKAN ONLINE di www.les-privat.com
  • GRATIS TANPA PUNGUTAN BIAYA

  • APABILA ANDA INGIN BERDONASI SILAKAN

    TRANSFER KE REK BANK MANDIRI ILYAS AFSOH 900.000.884.4947

  • Fasilitas :
    * Nomor Registrasi Guru Les Privat Indonesia LES-PRIVAT.COM
    * Promosi 24 Jam Sehari di Blog Les Privat Indonesia LES-PRIVAT.COM
    * Support Pelatihan dan Pemberdayaan Diri dari LES-PRIVAT.COM
  • KAMI IKLANKAN di BLOG ini SEUMUR HIDUP

      PROMOSIKAN ONLINE DIRI ANDA SEBAGAI GURU PRIVAT SEKARANG

      Kirim Data Anda ke Email : afsohilyas@gmail.com

      Subject : Promo Guru Privat
      1. Nama Lengkap
        2. Copy Ijazah
        3. Mata Pelajaran Les Privat
        4. Area Les Privat
        5. Bukti Transfer Donasi,- (OPTIONAL)


      Dengan memiliki nomor registrasi Guru Privat Indonesia maka Anda mendapat satu halaman khusus yang berisi data diri dan Nomor Kontak Anda, HP- WA - FB sehingga calon siswa Anda dapat langsung menghubungi guru les privat.
      .

      WebBlog ini sebagai media mempromosikan Guru Privat se-Indonesia,
      dan semua biaya privat diterima langsung oleh Guru yang mengajar Tanpa Potongan Manajemen.
      .

      Bagi Guru Privat yang ingin konsultasi perihal dunia les privat
      kami berikan support sehingga Guru Privat mendapatkan pendapatan layak dari mengajar Les Privat.
      .
      Guru Privat hanya Mengajar
      dan Fokus Mengajar Les Privat sesuai mata pelajaran
      dan Tugas Promosi Online / Internet Marketing serahkan kepada Tim
      LES-PRIVAT.COM
      .
      IKLAN ONLINE GURU PRIVAT INI MELIPUTI SELURUH WILAYAH INDONESIA SBB : Sumatera, Aceh, . Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa, Banten, . Jawa Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Bali, . Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Kalimantan Barat, . Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, Gorontalo, . Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Kepulauan Maluku, Maluku, . Maluku Utara, Papua, Papua, . Papua Barat, ,

      KETIK GURU PRIVAT - MATA PELAJARAN - KOTA - KABUPATEN

      INFO GURU LES PRIVAT

      GURU PRIVAT AFSOH COLLEGE

      Dilihat & Dibaca